Senin, 10 Desember 2012

tokoh penemu komputer pertama di dunia

Tokoh Penemu Komputer Pertama

Charless Babbage, yang juga disebut si Bapak Komputer, yang mempunyai ide pertama kali tentang komputer. Charless Babbage lahir di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, 26 Desember 1791,
meninggal pada tanggal 18 Oktober 1871, anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker. Kelebihannya dalam matematika sangat menonjol. Saat memasuki Trinity College di Cambridge tahun 1811, dia mendapati bahwa kemampuan matematikanya jauh lebih baik, bahkan daripada tutornya sendiri.

Beberapa karya Charless Babbage diantaranya :
- Difference Engine, 1822, sebuah mesin yang dapat menyusun tabel matematika
- Analitycal Engine, 1834, sebuah mesin untuk mempermudah berbagai perhitungan matematika




Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry, 1937. Mendesain ABC (Atanasoff-Berry Computer) k
omputer
digital elektronis pertama yang fungsinya hanya dapat menghitung tambah dan kurang.



Howard Hattaway Aiken, 1944. Membuat Mark I. Sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. Memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.

Dr. John von Neumann, 1945. Menulis konsep penyimpanan data. Saat itu masih berupa ide.

Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. 1946. Menyelesaikan komputer skala besar yang pertama, diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER. ENIAC berbobot 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), memiliki luas 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Pertama kali komputer ini dinyalakan, seluruh jaringan listrik di Philadelphia mendadak mati. ENIAC tidak hanya dapat menghitung tambah kurang kali bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibanding Mark I yang hanya dapat menghitung, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah KOMPUTER pertama di dunia.
komputer yang sangat besar seluas lapangan bola...wow!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar